Sabtu, 06 Februari 2010

Kendala Utama Memulai Bisnis Online

Pada kesempatan kali ini admin blog bisnis online ingin curhat sedikit dan mencoba kembali focus menyajikan artikel sesuai niche blog yaitu berkaitan dengan mencari uang secara online walaupun admin sadar sepenuhnya bahwa ilmu yang dimiliki tentang bisnis internet masih jauh dari apa yang dicita-citakan sejak awal ngeblog dahalu, jadi bisa diibaratkan berada dalam stadion bola dan duduk di tribun paling belakang yang hanya menonton dari kejauhan betapa asyiknya para pemain bola menciptakan goal-goal yang dihasilkan.

Memulai bisnis secara online tidak ada bedanya dengan bisnis secara offline selain membutuhkan modal materi, bisnis di internet juga seharusnya setiap individu paling tidak memiliki sedikit akuntabilitas dari setiap masing-masing jenis "bisnis online" yang bakal di geluti seperti PPC, TLA, Bisnis Affiliate, PTR, dan lain sebagainya.

Secara pribadi kendala utama dalam memulai usaha bisnis online adalah:

1.Koneksi Internet
Ehm, mungkin bagi anda yang tinggal di daerah kawasan perkotaan atau kota-kota besar koneksi internet bukan lah menjadi suatu kendala yang berarti, namun sebaliknya bagi mereka yang tinggal di desa seperti saya dimana jaringan Internet masih jauh di bawah standart. Coba bayangkan hari gini masih manggunakan jaringan non nirkabel seperti GPRS atau bahkan Edge. Cape dech. :)
2.Penguasaan Bahasa Asing
Nah ini merupakan kendala terbanyak dan paling umum dimiliki oleh para pemula bisnis online yaitu faktor penguasaan bahasa asing atau inggris. Sama halnya seperti saya, walaupun ada saja solusi untuk mengatasi masalah tersebut seperti bisnis paid review dengan memakai jasa penerjemah namun tetap saja tidak akan maksimal usaha yang dilakukan karena sifat ketergantungan secara terus-menerus tidak akan bisa menjamin totalitas hasil usaha akan terwujud secara maksimal.
3.Kemampuan dan Tekad
Tekad saja alias modal nekat serta kemauan hasrat tinggi tidaklah cukup untuk sukses dalam bisnis internet tanpa memiliki kemampuan atau salah satu keahlian dasar dari seluruh cakupan yang dibutuhkan sebagai penunjang dalam hal ini adalah hal-hal yang merupakan bagian dari faktor yang harus setidaknya sedikit terpenuhi sebagai kelengkapan atau materi modal skill di bisnis online. (Bingung?? Sama, hehe..)
Sebagai pemula mungkin solusi terbaik sebelum terjun di dunia bisnis online ada baiknya anda melakukan pendekatan secara personal pada orang-orang/ blogger/ marketer sukses dengan cara mungkin bersilatuhrahmi langsung kerumahnya atau kopdar bareng kemudian berkonsultasi ya itupun jika yang bersangkutan mau dan andapun mempunyai tekad bulat untuk benar-benar ingin terjun di bisnis internet.

Artikel bisnis online ini didasari atas keirian saya terhadap sosok mahkluk multi talenta yang notabene pemilik situs Blog Belajar SEO BlogSpot seperti pada salah satu postingannya berjudul “Malam Pertama Pencairan Western Union Google Adsense” dimana konon gosip dengan hanya bekerja sendiri dapat menghasilkan penghasilan tetap dari bisnis adsense dan affiliate rata-rata ribuan dolar $?? setiap bulannya, mantab. :)

Bisnis Online & Peluang Income

Sekarang ini kita sering dengar orang bilang, "internet marketing", "Bisnis Online", atau Bisnis Internet dsb. Sebenarnya, apa si "internet marketing" atau "online business" itu? Menurut saya, segala kegiatan pemasaran yang dilakukan lewat internet itu bisa disebut dengan internet marketing. Ga peduli kita hanya masang iklan baris di internet untuk jual handphone bekas misalnya, itu juga udah bisa disebut internet marketing. Sedangkan Bisnis Online ini yang lebih kompleks. Karena kita gak hanya ngurusi masalah pemasarannya saja. Bayangin aja, seperti sebuah perusahaan, yang di dalamnya ada banyak divisi. Cuma bedanya, ini semuanya online. Mulai dari penjualan, kasir, customer service, follow up, delivery, registrasi, dll, semuanya online.

Ada banyak cara untuk memperoleh duit dari internet. Tapi sebelumnya, saya mau jelasin istilah-istilah yang biasa kita temui di internet. Karena masih banyak orang yang bingung dengan istilah-istilah seperti website, domain, hosting, url, dll. Biasanya saya ngasi gambaran seperti ini. Bayangkan "website" itu seperti sebuah toko atau showroom yang sering kita jumpai di dunia nyata. Kalau "hosting" itu tempat atau lokasi yang kita sewa untuk buka toko. Kalau di dunia nyata, misalnya mal atau plaza. Barang-barang yang ada di toko kita nggak bisa dipajang, kalau kita nggak sewa tempat. Karena di internet nggak ada emperan untuk majang barang dagangan kita seperti PKL, hehe.

Kalau udah ada barang yang dipajang, tempat untuk buka toko, pastinya kita butuh papan nama dong. Supaya orang-orang ga bingung. Domain itu bisa dianggap sebagai papan nama kita. Papan nama ini untuk memudahkan orang-orang mengingat nama kita. Pilih nama yang simple, jangan panjang-panjang. Dan kalau bisa, dari namanya orang udah tau, barang apa yang kita jual. Misalnya untuk toko buku, bisa pilih nama www.55BookStore.com atau untuk toko PDA, bisa pakai nama www.PDAShop.com, dll.

Semua fasilitas ini bisa disewa. Ada banyak perusahaan online, yang menyediakan jasa tersebut. harga dan featurenya juga bervariasi. Misalnya seperti HOST MONSTER untuk jasa hosting, NAME CHEAP untuk nama domain, dll.

Saya gak akan cerita masalah teknis. Karena terus terang aja, saya ini orangnya suka yang simple-simple. Kalau udah terlalu ruwet, "Ngelu Ndas Gua" (pusing kepala saya). Contohnya untuk majang barang, saya nggak pakai hosting-hostingan segala. Saya makai fasilitas gratis, yang bisa difungsikan seprti website, yaitu Blog. Blog ini seperti diary atau buku harian. Yang selalu diupdate terus. Ya seperti yang sekarang Anda baca ini.

Saya suka blog karena saya nggak ngerti web design. Di blog udah ada bentuk-bentuk tampilan yang bisa kita pakai. Sekarang banyak juga orang yang manfaatin blog sebagai website. Kalau kita search di www.Blogger.com, disitu banyak sekali blog, yang tampilannya udah seperti website. Kita udah gak bisa bedain, mana blog, mana website. Orang-orang yang ngerti design bisa ngerubah tampilan semau mereka. Kalau saya sih, maunya yang praktis aja. Yang penting bisnis bisa jalan, bisa dapat duit, beres dah. Tampilan yang udah ada juga cukup OK. Nti kita tinggal sewa nama domain aja, biar namanya nggak terlalu panjang. Karena kalau kita pakai nama yang dari blogger misalnya, belakangnya pasti ada .blogspot.com. Jadi misalnya seperti www.toko55.blogspot.com. Kurang keren kan?

Blog yang ada di internet tu antara lain Blogger, Word Press, Multiply, Xanga, dll. Pilih aja mana yang sesuai. Kalau saya pribadi, senangnya pakai Blogger. Rasanya lebih user friendly, lebih simple. Mungkin karena udah biasa kali ya?

Enaknya buka toko di internet tu, bisa dibilang gak pake modal. Karena ada banyak fasilitas gratisan yang bisa dimanfaatin. Contohnya blog tadi. Dalam hitungan jam, kita bisa buka beberapa toko sekaligus. Saya sendiri, buka Toko 55 hanya dalam hitungan jam. Kerjanya tinggal copy & paste aja. Gak perlu jago HTML (salah satu bahasa pemrograman). Mau upload gambar, juga udah ada tombolnya.

Trus ada lagi yang namanya search engine. Google, Yahoo, dan MSN, itu semua search engine terbesar yang ada di dunia maya. Kalau di dunia nyata, search engine itu sama dengan Yellow Pages. Butuh informasi apapun, kamu bisa nyari di Search Engine.

Back to duit! Cara nyari duit di internet ada banyak.

1. Jualan barang

Contohnya seperti www.Toko55.com. Walaupun belum semuanya online, karena ordernya masih pakai sms/ telp, system pembayarannya juga masih via ATM. Tapi ini udah bisa dibilang online business.

Emang si, produk yang paling gak bikin ribet tu, produk yang sifatnya informasi. Misalnya seperti ebook, software, music, dll. Karena kita udah gak perlu bingung dengan pengirimannya. Pembeli tinggal download dari link yang udah disediakan.

2. Affiliate Marketing atau makelaran

Kalau gak punya produk sendiri untuk dijual, Kita bisa jadi affiliate atau makelar di salah satu online business yang ada. Mau jadi affiliate saya juga boleh. Ada komisi 20% lho. Lumayan atau lumayan? Nti bakal saya buatin blog seperti punya saya. Pastinya dengan alamat dan no telp kamu. Trus, tinggal promosiin deh tu blog. Kalau ada yang pesan, nti barangnya bakal dikirim langsung dari tempat saya. Pembayaran, boleh ke rek kamu dulu, atau langsung ke rekening saya. Jangan kuatir, nti saya bakal transfer komisi buat kamu. Nah, kalau misalnya ada repeat order dari konsumen yang sama, kamu tetap dapat komisi. Karena saya punya database konsumen dan affiliatenya.

3. Network Marketing

Join di salah satu perusahaan network marketing online juga bisa jadi salah satu alternatif untuk orang yang nggak punya produk sendiri. Di perusahaan network marketing, sistemnya udah jelas, pembagian bonusnya juga jelas. Salah satunya, Rahasia Mencapai Bebas Financial. Seperti di tulisan saya sebelumnya, bisnis network marketing tu membangun asset. Internet juga bisa jadi asset. Kalau digabung, jadi luar biasa deh. Internet Network Marketing. Kalau kamu join di Rahasia Mencapai Bebas Financial, kamu bakal dapat training tentang internet marketing, GRATIS lho.

4. Google Adsense

Kamu pasti pernah browsing di Google. Kalau kita masuk di Google, lalu di kotak searchnya kita ketikkan kata kunci (keyword) "bisnis" misalnya, di sebelah kanan bakal muncul iklan-iklan. Google punya program yang namanya Google Adsense. Dimana kita nampilin iklan-iklan Google di website atau blog kita, dan kalau ada yang klik iklan tersebut, kita dapat duit. Besarnya berapa? Dengar-dengar si 50% dari harga yang dibayar oleh pemasang iklan.

Untuk dapat hasil yang maksimal dari Google Adsense, blog harus diupdate secara berkala. Kamu bisa nulis tentang apa saja yang kamu suka. Kalau malas nulis, kamu juga bisa nampilin video-video lucu. Ambil dari You Tube misalnya. Kalau sering diupdate, search engine bakal gampang menaruh blog tersebut dalam daftarnya. Jadi kalau ada orang yang search sesuatu yang berhubungan dengan isi blog kita, blog kita bakal muncul.

Tantangan terbesar di internet hanya satu. Gimana caranya menarik sebanyak mungkin pengunjung ke website kita. Coba bayangin, kita punya toko atau showroom yang keren, tapi ga ada pengunjung yang masuk. Sama aja bohong. Dari mana mau dapat duit?

Internet itu sangat luas sekali. Kalau misalnya kita punya mini market di salah satu daerah di Surabaya misalnya. Pasar kita udah bisa dipastikan, orang-orang di sekitar situ. Gak mungkin kan orang dari Jakarta datang belanja di situ? Sedangkan di internet, berlaku sebaliknya. Bisa saja orang-orang di sekitar kita, tidak melihat toko/ website kita. Tapi orang-orang dari Amerika bisa dengan sangat gampang belanja di toko kita. Di situlah tantangannya.

Jumat, 05 Februari 2010

Rahasia Bisnis Internet

Saat ini pengguna internet telah menciptakan banyak peluang bisnis di internet. Untuk bisa mencari uang di internet dengan menjual produk sendiri atau menjual produk orang lain yang dikenal dengan sebutan Affiliate Marketing, Pay per post, Pay per click, Paid to Read, Online Survey, Data Entry, Reseller dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebetulnya apapun jenis bisnis yang akan anda jalankan lewat internet rahasianya tetap sama, harus bisa mendatangkan pengunjung ke website atau blog anda. Semakin banyak pengunjung maka semakin besar juga kesempatan untuk menghasilkan uang.

Berikut ini adalah hal penting yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis online anda:

Memilih nama domain

Nama domain yang baik adalah yang mengandung kata kunci sesuai dengan bisnis anda. Contohnya jika anda memasarkan produk penurun berat badan, maka anda harus memilih nama domain yang sesuai seperti tipsdiet.com, beratideal.com dsb. Anda bisa menggunakan tools dari Google di https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Dengan alat ini anda bisa melakukan riset kata kunci dan mengetahui volume pengguna yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang anda inginkan.

Melakukan Optimasi Search Engine (SEO)

Untuk melakukan ini anda harus mengetahui Rahasia Search Engine supaya web anda bisa berada di 10 besar hasil pencarian. Panduan dasar yang diberikan Google dapat anda download di www.google.co.id/intl/id/webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide-id.pdf.

Jadi Rahasia Bisnis Internet Cuma harus menguasai kedua hal tersebut. Yang pertama Formula Bisnisnya dan yang kedua Rahasia Search Engine. Jika anda sudah menguasai tehnik tersebut maka di jamin anda pasti berhasil.

Semoga bermanfaat.

Bisnis Online yang Efektif

Pada umumnya untuk membangun suatu bisnis tidak lepas dari masalah anggaran atau budget investasi yang dibutuhkan. Kemudian prediksi dari ROI atau Return of Investment berapa lama modal kita bisa kembali dan kita mulai dapat meraih keuntungan.

Bisnis Online adalah salah satu cara yang sangat tepat untuk membangun usaha dengan investasi yang tidak terlalu besar dan mempunyai pangsa yang luas dan dapat mewakili bisnis anda 24 /7 tanpa henti.

Jika anda sudah memiliki produk atau saat ini anda sudah menjual produk secara offline, berarti anda tinggal mengembangkannya melalui pemasaran secara online. Atau jika anda belum memiliki produk anda bisa memilih produk yang anda sukai dengan menjadi affiliate marketing atau sebagai perantara menjual produk orang lain yang tersedia cukup banyak di internet.

Tahap awal membangun bisnis online adalah:
Menentukan Tema atau isi dari website anda, bisa berupa produk atau bisa juga hobi unik yang anda miliki, karena pada dasarnya yang dicari orang di internet adalah informasi.

Tahap kedua adalah membangun kepercayaan customer atau calon pelanggan anda.
Untuk melakukan pembelian melalui internet biasanya orang akan lebih kritis dan berhati-hati karena mereka tidak tahu siapa anda. Jadi anda harus betul-betul bisa membuktikan bahwa anda tidak menipu dengan cara memberikan informasi yang jelas untuk calon pelanggan anda, jangan memberikan informasi yang menyesatkan untuk keuntungan sesaat karena anda tidak akan berhasil dalam bisnis online anda.
Karena jika satu orang kecewa maka anda akan kehilangan 100 orang, mereka akan memberitahukan teman-temannya bahwa website anda mengecewakan. Sebaliknya jika satu orang puas maka anda mempunyai potensi mendapat 100 calon pelanggan.

Tahap ketiga adalah Trafik atau pengunjung
Berbeda dengan bisnis offline, pengunjung ditentukan oleh lokasi atau tempat usaha anda.
Dalam bisnis online pengunjung ditentukan oleh informasi yang anda berikan apakah bermanfaat atau tidak. Ini yang dimaksud dengan membangun SEO secara natural. Semakin sering website anda dikunjungi maka search engine seperti Google, Yahoo atau MSN menganggap website anda bermutu maka anda akan mendapatkan ranking di search engine.
Anda bisa menggunakan layanan dari Google Analytic untuk menganalisa kunjungan website anda. Layanan ini disediakan secara gratis, anda bisa kunjungi alamat ini http://www.google.com/analytics/

Tahap keempat atau yang terakhir adalah Kesetiaan Pelanggan
Jika anda sudah benar dalam melaksanakan tiga tahap diatas maka anda sudah memiliki potensi dari kesetiaan pelanggan yang puas akan layanan anda. Anda tinggal harus memelihara pelanggan anda dengan layanan After Sales Service yang baik.

Ada sebuah layanan yang cukup handal dan sudah banyak membantu membangun website yang berhasil mendapatkan rangking di Alexa. Anda tinggal menentukan tema kemudian mulai dari desain website, pengaturan isi yang akan menjamin trafik website anda dan jasa web hosting seluruhnya mereka yang handle. Dan anda tidak usah pusing-pusing untuk membayar programer yang mungkin akan lebih mahal.

Kalau tidak salah investasi yang harus dikeluarkan sebesar $299 dan gratis percobaan untuk satu bulan pertama, jadi tidak ada resiko jika anda merasa tidak bermanfaat anda bisa hentikan pada bulan kedua tanpa membayar sepeserpun. Layanan ini cocok untuk website yang berbahasa inggris atau yang mempunyai pangsa internasional.

Followers

Bisnis online | Bisnis Internet | Artikel Internet | Peluang Usaha | Bisnis Indonesia

Bisnis Online Copyright @ 2009 www.bisnisonliness.blogspot.com

Rahasia Bisnis Online Pemula © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO