Sabtu, 06 Februari 2010

Bisnis Online & Peluang Income

Sekarang ini kita sering dengar orang bilang, "internet marketing", "Bisnis Online", atau Bisnis Internet dsb. Sebenarnya, apa si "internet marketing" atau "online business" itu? Menurut saya, segala kegiatan pemasaran yang dilakukan lewat internet itu bisa disebut dengan internet marketing. Ga peduli kita hanya masang iklan baris di internet untuk jual handphone bekas misalnya, itu juga udah bisa disebut internet marketing. Sedangkan Bisnis Online ini yang lebih kompleks. Karena kita gak hanya ngurusi masalah pemasarannya saja. Bayangin aja, seperti sebuah perusahaan, yang di dalamnya ada banyak divisi. Cuma bedanya, ini semuanya online. Mulai dari penjualan, kasir, customer service, follow up, delivery, registrasi, dll, semuanya online.

Ada banyak cara untuk memperoleh duit dari internet. Tapi sebelumnya, saya mau jelasin istilah-istilah yang biasa kita temui di internet. Karena masih banyak orang yang bingung dengan istilah-istilah seperti website, domain, hosting, url, dll. Biasanya saya ngasi gambaran seperti ini. Bayangkan "website" itu seperti sebuah toko atau showroom yang sering kita jumpai di dunia nyata. Kalau "hosting" itu tempat atau lokasi yang kita sewa untuk buka toko. Kalau di dunia nyata, misalnya mal atau plaza. Barang-barang yang ada di toko kita nggak bisa dipajang, kalau kita nggak sewa tempat. Karena di internet nggak ada emperan untuk majang barang dagangan kita seperti PKL, hehe.

Kalau udah ada barang yang dipajang, tempat untuk buka toko, pastinya kita butuh papan nama dong. Supaya orang-orang ga bingung. Domain itu bisa dianggap sebagai papan nama kita. Papan nama ini untuk memudahkan orang-orang mengingat nama kita. Pilih nama yang simple, jangan panjang-panjang. Dan kalau bisa, dari namanya orang udah tau, barang apa yang kita jual. Misalnya untuk toko buku, bisa pilih nama www.55BookStore.com atau untuk toko PDA, bisa pakai nama www.PDAShop.com, dll.

Semua fasilitas ini bisa disewa. Ada banyak perusahaan online, yang menyediakan jasa tersebut. harga dan featurenya juga bervariasi. Misalnya seperti HOST MONSTER untuk jasa hosting, NAME CHEAP untuk nama domain, dll.

Saya gak akan cerita masalah teknis. Karena terus terang aja, saya ini orangnya suka yang simple-simple. Kalau udah terlalu ruwet, "Ngelu Ndas Gua" (pusing kepala saya). Contohnya untuk majang barang, saya nggak pakai hosting-hostingan segala. Saya makai fasilitas gratis, yang bisa difungsikan seprti website, yaitu Blog. Blog ini seperti diary atau buku harian. Yang selalu diupdate terus. Ya seperti yang sekarang Anda baca ini.

Saya suka blog karena saya nggak ngerti web design. Di blog udah ada bentuk-bentuk tampilan yang bisa kita pakai. Sekarang banyak juga orang yang manfaatin blog sebagai website. Kalau kita search di www.Blogger.com, disitu banyak sekali blog, yang tampilannya udah seperti website. Kita udah gak bisa bedain, mana blog, mana website. Orang-orang yang ngerti design bisa ngerubah tampilan semau mereka. Kalau saya sih, maunya yang praktis aja. Yang penting bisnis bisa jalan, bisa dapat duit, beres dah. Tampilan yang udah ada juga cukup OK. Nti kita tinggal sewa nama domain aja, biar namanya nggak terlalu panjang. Karena kalau kita pakai nama yang dari blogger misalnya, belakangnya pasti ada .blogspot.com. Jadi misalnya seperti www.toko55.blogspot.com. Kurang keren kan?

Blog yang ada di internet tu antara lain Blogger, Word Press, Multiply, Xanga, dll. Pilih aja mana yang sesuai. Kalau saya pribadi, senangnya pakai Blogger. Rasanya lebih user friendly, lebih simple. Mungkin karena udah biasa kali ya?

Enaknya buka toko di internet tu, bisa dibilang gak pake modal. Karena ada banyak fasilitas gratisan yang bisa dimanfaatin. Contohnya blog tadi. Dalam hitungan jam, kita bisa buka beberapa toko sekaligus. Saya sendiri, buka Toko 55 hanya dalam hitungan jam. Kerjanya tinggal copy & paste aja. Gak perlu jago HTML (salah satu bahasa pemrograman). Mau upload gambar, juga udah ada tombolnya.

Trus ada lagi yang namanya search engine. Google, Yahoo, dan MSN, itu semua search engine terbesar yang ada di dunia maya. Kalau di dunia nyata, search engine itu sama dengan Yellow Pages. Butuh informasi apapun, kamu bisa nyari di Search Engine.

Back to duit! Cara nyari duit di internet ada banyak.

1. Jualan barang

Contohnya seperti www.Toko55.com. Walaupun belum semuanya online, karena ordernya masih pakai sms/ telp, system pembayarannya juga masih via ATM. Tapi ini udah bisa dibilang online business.

Emang si, produk yang paling gak bikin ribet tu, produk yang sifatnya informasi. Misalnya seperti ebook, software, music, dll. Karena kita udah gak perlu bingung dengan pengirimannya. Pembeli tinggal download dari link yang udah disediakan.

2. Affiliate Marketing atau makelaran

Kalau gak punya produk sendiri untuk dijual, Kita bisa jadi affiliate atau makelar di salah satu online business yang ada. Mau jadi affiliate saya juga boleh. Ada komisi 20% lho. Lumayan atau lumayan? Nti bakal saya buatin blog seperti punya saya. Pastinya dengan alamat dan no telp kamu. Trus, tinggal promosiin deh tu blog. Kalau ada yang pesan, nti barangnya bakal dikirim langsung dari tempat saya. Pembayaran, boleh ke rek kamu dulu, atau langsung ke rekening saya. Jangan kuatir, nti saya bakal transfer komisi buat kamu. Nah, kalau misalnya ada repeat order dari konsumen yang sama, kamu tetap dapat komisi. Karena saya punya database konsumen dan affiliatenya.

3. Network Marketing

Join di salah satu perusahaan network marketing online juga bisa jadi salah satu alternatif untuk orang yang nggak punya produk sendiri. Di perusahaan network marketing, sistemnya udah jelas, pembagian bonusnya juga jelas. Salah satunya, Rahasia Mencapai Bebas Financial. Seperti di tulisan saya sebelumnya, bisnis network marketing tu membangun asset. Internet juga bisa jadi asset. Kalau digabung, jadi luar biasa deh. Internet Network Marketing. Kalau kamu join di Rahasia Mencapai Bebas Financial, kamu bakal dapat training tentang internet marketing, GRATIS lho.

4. Google Adsense

Kamu pasti pernah browsing di Google. Kalau kita masuk di Google, lalu di kotak searchnya kita ketikkan kata kunci (keyword) "bisnis" misalnya, di sebelah kanan bakal muncul iklan-iklan. Google punya program yang namanya Google Adsense. Dimana kita nampilin iklan-iklan Google di website atau blog kita, dan kalau ada yang klik iklan tersebut, kita dapat duit. Besarnya berapa? Dengar-dengar si 50% dari harga yang dibayar oleh pemasang iklan.

Untuk dapat hasil yang maksimal dari Google Adsense, blog harus diupdate secara berkala. Kamu bisa nulis tentang apa saja yang kamu suka. Kalau malas nulis, kamu juga bisa nampilin video-video lucu. Ambil dari You Tube misalnya. Kalau sering diupdate, search engine bakal gampang menaruh blog tersebut dalam daftarnya. Jadi kalau ada orang yang search sesuatu yang berhubungan dengan isi blog kita, blog kita bakal muncul.

Tantangan terbesar di internet hanya satu. Gimana caranya menarik sebanyak mungkin pengunjung ke website kita. Coba bayangin, kita punya toko atau showroom yang keren, tapi ga ada pengunjung yang masuk. Sama aja bohong. Dari mana mau dapat duit?

Internet itu sangat luas sekali. Kalau misalnya kita punya mini market di salah satu daerah di Surabaya misalnya. Pasar kita udah bisa dipastikan, orang-orang di sekitar situ. Gak mungkin kan orang dari Jakarta datang belanja di situ? Sedangkan di internet, berlaku sebaliknya. Bisa saja orang-orang di sekitar kita, tidak melihat toko/ website kita. Tapi orang-orang dari Amerika bisa dengan sangat gampang belanja di toko kita. Di situlah tantangannya.

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Followers

Bisnis online | Bisnis Internet | Artikel Internet | Peluang Usaha | Bisnis Indonesia

Bisnis Online Copyright @ 2009 www.bisnisonliness.blogspot.com

Rahasia Bisnis Online Pemula © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO